6 Hal Ini Wajib Diketahui Oleh Setiap Muslim Agar Saling Cinta Dan Kasih Sayang




Rasulullah bersabda,” perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling cinta dan kasih sayang mereka, seperti satu tubuh. Apabila ada satu anggota badan yang sakit, maka seluruh badan ikut merasakan sakit dengan tidak bisa tidur dan demam”.(HR.Muslim)
Para pembaca yang budiman..

Pada zaman saat ini ada orang yang mengaku dirinya muslim tapi berani dan sengaja menghina para ulama’ bahkan mereka dengan sengaja menyebar fitnah keji dimedia cetak dan elektronik terhadap para ulama dengan tuduhan dan fitnah bahwa para ulama adalah gembong syirik dan bid’ah hanya gara-gara masalah maulid nabi, ziaroh kuburan para wali, tawassul, majlis dzikir, lebih-lebih yang dituding oleh mereka adalah ulama yang termasuk ahlul bait baginda rasulullah SAW.
Apa mereka tidak pernah membaca hadits atau mereka pura-pura tidak faham dengan sabda Nabi SAW.

“Sesungguhnya saya (Rasulullah) telah meninggalkan kepada kalian umatku 2 pusaka, selama kalian mau mencintai keduanya kalian tidak akan tersesat: Alqur’an dan keturunanku”

Maka dari itu tidak heran kalau dinegara kita sekarang ini banyak dijumpai bencana baik itu bencana akhlak ataupun bencana ekonomi bahkan bencana akhlak dan moral semuanya karena akibat perbuatan manusia yang tidak lagi menghormati, menyayangi dan mencintai apa yang telah diciptakan dan dicintai Allah Swt.

Rasulullah SAW menyuruh kita untuk saling menyayangi karena beliau sendiri sangat sayang kepada umatnya. Maka dari itu iman kita belum dikatakan sempurna sebelum kita betul-betul menyayangi dan mengasihi saudara kita seagama.

“Tidaklah seseorang dari kalian sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang ia cintai untuk dirinya”

kita dikatakan sudah menyayangi dan menghormati sesama saudara seagama kita, kalau kita sudah melakukan 6 hal ini:

PERTAMA : apabila bertemu ucapkanlah salam.
Sesungguhnya orang yang paling mulya disisi allah adalah mereka yang pertama kali memulai salam


KEDUA : apabila dia mengundangmu maka penuhilah undangannya.
Apalagi yang mengundang adalah orang miskin harus lebih diperhatikan daripada undangannya orang kaya.



KETIKA : apabila ia minta nasehat, maka nasehatilah dia.
Selama kita ikhlas memberikan nasehat kepada saudara maka kita akan mendapatkan pahala seperti pahala yang mereka dapatkan.


KEEMPAT: dari pada hak orang muslim terhadap orang muslim lainya adalah apabila ia bersin kemudian ia membaca “Alhamdulillah” maka jawablah “Yarhamukallah”.
Kecuali kalau orang yang bersin tidak mengucapkan Alhamdulillah maka tidak berhak untuk kita doakan “yarhamukallah” karena tidak mensukuri nikmat allah yang berupa bersin 

“Allah Swt senang tehadap orang yang bersin, dan tidak senang terhadap yang menguap.


KELIMA : apabila ia sakit maka jenguklah.
“Barang siapa yang menjenguk orang sakit, maka dia dipanggil dari atas langit: kamu adalah orang baik, dan telah baik perjalananmu, dan kamu telah membangun rumah disurga.”



KEENAM : daripada haknya orang yang beriman adalah apabila ia meninggal, maka iringilah jenazahnya.
Barang siapa yang ikut mengantar jenazah sampai dishob lati maka baginya emas 1 qirot, dan barang siapa yang mengantar jenazah sampai dikuburnya maka baginnya emas 2 qirot. Lalu ada sahabat yang bertanya berapa 2 qirot itu wahai Rasulullah? Mka Rasulullah menjawab: seperti 2 gunung yang sangat besar.


Inilah 6 hal yang wajib diketahui bagi seluruh umat muslim didunia, semoga Allah swt menjadikan kita sebagai hambanya yang saling mencintai dan menghormati amin yarobbal’alamin….

SEMOGA BERMANFAAT...
DAN SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR ANDA
6 Hal Ini Wajib Diketahui Oleh Setiap Muslim Agar Saling Cinta Dan Kasih Sayang 6 Hal Ini  Wajib Diketahui Oleh Setiap Muslim  Agar Saling Cinta  Dan Kasih Sayang Reviewed by Pak Yan on March 05, 2016 Rating: 5

No comments:

BACA JUGA

Powered by Blogger.