Bagi kalian yang berprofesi sebagai
pegawai maupun karyawan di instansi pemerintahan maupun swasta seperti saya ini,
mari kita cermati secara seksama bagaimana membangun sebuah hubungan yang baik
dengan bos kalian, di sukai oleh bos, disegani oleh rekan-rekan kerja di tempat
kerjamu dan menjadi pegawai yang memiliki karir yang cemerlang dimanapun anda
bekerja.
Mengapa saya menulis 11 Tips Menjadi Pegawai Sukses dan disegani
di Mana Pun Anda Bekerja-Inspirasi. Karena bagi saya pekerjaan apapun yang digeluti semua
orang saya yakin akan sukses dengan memiliki sebuah komitmen kinerja yang baik,
niat yang baik, pekerjaan yang disenangi dan bekerja dengan sepenuh hati
niatkan untuk beribadah.
Jangan sekali-kali anda mengeluh
dengan pekerjaan sebagai pegawai yang hanya memiliki gajian bulanan yang tetap
pekerjaan hanya itu saja. Jangan berpikir sempit dulu. Dan jangan pernah hawatir
banyak jalan menuju roma selagi anda memiliki mimpi dan tujuan masa depan yang
jelas.
Jika anda adalah pegawai atau
karyawan seperti saya ini. Mari kita pelajari bersama dan saya sudah membuat
sebuah postingan saat ini beberapa tips dan cara menjadi pegawai sukses dan di
segani dimanapun anda bekerja.saya rangkum dari berbagai ilmu dari situs-situs
terbaik dan melihat pengalaman-pengalaman yang dulunya pegawai biasa menjadi pegawai
atau karyawan yang telah sukses saat ini. Dulunya menjadi pegawai honorer dan
sekarang menjadi PNS, dulunya menjadi cleaning servis dan sekarang menjadi
menajer disebuah hotel ternama di Bali.
Bagaimana cara mereka mewujudkan hal
tersebut, berikut adalah tips yang telah saya dapat dari berbagai sumber situs
terbaik dan dari beberapa orang telah sukses berawal dari pegawai dan karyawan biasa :
1. KEDISIPLINAN
Urutan pertama adalah memiliki dan menjga kedisiplinan di saat bekerjadiamanapun
anda bekerja. Dari kebiasan yang baik ini adalah dapat memberikan kesan yang
baik bagi bos kalian dan kalian akan lebih disegani rekan kerja ditempatmu. Biasnya
orang disiplin juga akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan seperti laporan
lebih cepat misalnya. Mulai dari sekarang lakukan yang sederha missal berangkat
lebih awal dari teman rekanmu dan jangan
menunda tugas yang diberikan oleh atasan.
2. PROFESIONAL
Tugas utama anda di tempat kerja adalah melakukan pekerjaan anda bukan
untuk berlibur, bersantai-santai. Dimanapun anda bekerja di lembaga pendidikan
dan di sebuah perusaan swasta, jangan lupa bersikaplah professional. anda suka mengobrol bukan, maka lakukan
itu untuk menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja anda tapi ingat
mengobrol dengan professional jangan terlalu berlarut dengan asyik mengobrol
aturlah waktu untuk bekerja yang lebih banyak dang mengobrol yang sedikit. Ingat
anda digaji bukan karena ngobrolnya tapi dengan tugas utama anda untuk bekerja.
3. TUNTASKAN PEKERJAAN MELEBIHI
DEADLINE
Sesulit apapun tugas yang diberikan atasan, anda harus menyelesaikannya
sebelum deadline. Hal ini akan
memberikan power lebih terhadap bos kalian. Kalian akan lebih dilirik oleh
atasan dengan sering menuntaskan pekerjaan lebih cepat dari rekan lainnya.
4. DILARANG PUTUS ASA
Jika anda mendapatkan sebuah tugas yang berat yang tidak terbayangkan
sebelumnya, itu adalah hal yang wajar untuk memulai karir yang bagus. Sehingga jangan
memilih pilihan yang salah jangan mudah putus asa dengan bebas tugas yang
berat. Jalani pekerjaan dengan penuh semangat karena gerbang sukses menuju roma
semakin mendekat dengan adanya tantangan yang besar . prestasi yang cemerlang
didapatkan dengan kerja keras dan tidak kenal waktu.
Istiqomah dating tepat waktu ke tempat kerja dan melakukan perjaan sebaik
mungkin adalah pilihan yang tepat bagi anda untuk mempertahan reputasi dan
kinerja anda. Karena tidak jarang ada karyawan yang tidak istiqomah dengan hal
itu seperti pasang surutnya air di laut begitupun juga dengan rutinitas
semangat aktifitas.
6. TERIMA KRITIKAN DAN SARAN
Belajarlah menerima kritakan dan saran untuk menjadi karyawan yang lebih
baik lagi. Adakah ditempat kerjamu sering menerima kritikan pedas dari bosmu,
jika ada maka sabar dahulu, untuk menjadi karyawan yang sukses , maka cobalah
menerima setiap kritikan dan masukan dari orang lain. Anda pernah mengalami
marah atau jengkel terhadap kritikan yang tidak sesuai dengan hasil pekerjaan
anda , maka cobalah bersikap tenang dangan tunggu pikiran anda stabil barulah
mencoba membuka komunikasi dengan bos kalian dengan permasalahan tersebut serta
carilah solusi bagaimana cara memperbaikinya.
7. BERGAULLAH DENGAN BAIK SESAMA REKAN
KERJA
Jangan remehkan rekan kerja anda, di tempat kerja anda kadang ada suatu
pekerjaan yang tidak bisa kita tuntaskan sendiri, sehingga kita membutuhkan
bantuan rekan kerja untuk dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Dan hindari
rekan kerja yang malas dan suka bergosip karena memilih teman pun dapat
mempertahan reputasimu.
8. BANYAK BEKERJA JAUHI BERGOSIP
Anda dibayar karena anda
telah melakukan pekerjaan anda, bukan karena bergosip dengan rekan kerja. Meski
kita ingin membangun relasi yang bai dengan rekan kerja namun bergosip yang
berlebihan bukanlah kebiasaan pegawai yang baik disaat jam kerja. Selesaikan obrolan
jika sudah merasa cukup. Anda akan dipantau oleh atasan anda jika pada jam
kerja anda mengobrol dengan rekan kerja. Cobalah lakukan drama didepan bos
dengan mengalihkan pembicaraan tentang pekerjaan saja agar bos kalian tidak
berpikir kalian kerjaan hanya ngbrol saja. Yach namanya juga budaya indonesi
ngobrol sambil ngopi rasanya nikmat sekali hehe…
9. HARGAI WAKTU
Wujudkanlah impian anda dengan pintar-pintar menghargai waktu. Karena setiap
harinya pekerjaan akan bertambah bukan malah berkurang. Jadi agar tidak terlalu
numpuk di atas meja kerja anda maka selesaikan pekerjaan anda tepat waktu.
10. AMATI BAHASA TUBUH SERTA MENJAGA
PERKATAAN
ketika berbicara dengan lawan bicara, maka berdirilah dengan kaki yang
nyamana dahu ditarik kebelakang dagu sedikit terangkat lalu amati bahasa tubuh anda dan orang lain, hal ini membuat anda percaya diri dan
terlihat berwibawa di depan orang lain.
Dan satu hal lagi selalu menjaga perkaatan yang keluar di setiap
komunikasi dengan atasan , karena apapun hasil pekerjaan anda tidaklah sempurna
jika ada perkatan anda tidak berkenan di hati bos kalian maupun rekan kerja
kalian. Anda adalah seorang pegawai dan karyawan yang ingin sukses maka lakukan
cara berkomunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja.
11. FOKUS PEKRJAAAN JAUHKAN SMARTPHONE
Pada jam kerja hindarilah berlarut
asyik dengan smartphone anda mengapa demikian ??
Jika memang benar-benar perlu karena untuk pekerjaan maka gunakanlah
smartphone. Setelah itu simpanlah secepat mungkin smartphone anda di laci agar
anda tetap focus dengan pekerjaan anda agar
mudah untuk membatasi panggilan anda
waktu jam kerja serta membalas chat atau
komentar diberanda facebook dan medsos lainnya.
Nah begitulah postingan yang
baru saya terbitkan kali ini, menjadi
karyawan dan pegawai sukses di karirnya adalah tujuan impian semua orang, maka
cobalah amalkan 11 Tips
Rahasia Menjadi Pegawai Sukses dan disegani di Mana Pun Anda Bekerja-Inspirasi.
11 Tips Rahasia Menjadi Pegawai Sukses dan disegani di Mana Pun Anda Bekerja-Inspirasi
Reviewed by Pak Yan
on
February 02, 2019
Rating:
Point yang nomer 6 biasanya sulit untuk kita terapkan gan. Karena kita sering merasa lebih benar sendiri sehingga sulit untuk menerima kritik dan saran.
ReplyDeletealhamdulillah semuanya sudah bisa saya kerjakan di dalam lingkungan kerja maupun lingkungan di masyarakat..thanks artikelnya gan
ReplyDelete